Makna Yang Terkandung Dalam Dasa Darma Pramuka Dan Trisatya

Salam pramuka!! Selamat tiba di portal dunia suka-suka, kawasan untuk mencari informasi dan gudangnya segala referensi. Oke, pada kesempatan kali ini saya akan membahas perihal apa itu dasa darma dan trisatya dalam pramuka. Adik-adik yang sudah usang terjun di dunia pramuka niscaya sudah tidak absurd lagi dengan kata tersebut.


Sebelum memasuki ke materi inti, mari kita kenali lebih dalam perihal apa itu Pramuka?


Pramuka merupakan abreviasi dari Praja Muda Karana. Yang mempunyai arti sekumpulan kaum anak muda yang mempunyai karya maupun sedang berkarya. Gerakan Pramuka yaitu organisasi nonformal, tapi mempunyai nilai dimata dunia. Sehingga kegiatan pramuka hampir ada diseluruh negara cuma beda namanya saja


Di negara lain kebanyakan menggunakan nama istilah Scout. Gerakan yang dikenal dengan nama Scouting atau Scout Movement ini intinya mempunyai misi yang bagus, yaitu membangun cowok mempunyai fisik, mental dan juga spiritual yang kuat.


Sampai ketika ini pramuka masih ada di Indonesia, dan masih bebuyutan menjadi suatu gerakan yang masih aktif dilakukan di kalangan anak sekolah. Bahkan pemerintah mewajibkan seluruh instansi sekolah untuk memasukan kegiatan pramuka dalam kurikulum pembelajarannya. Mari kita cari tahu bagaimana awal terbentuknya kegiatan pramuka.



Sejarah Pramuka


 kawasan untuk mencari informasi dan gudangnya segala acuan Makna yang Terkandung dalam Dasa Darma Pramuka dan Trisatya

wikipedia.org


Pramuka sendiri diinisiasi oleh seorang petualang tangguh bernama Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Dari kecil Baden Powell sudah ditinggal oleh bapaknya sehingga pelatihan abjad sepenuhnya didapatkan dari ibunya selain itu Baden Powell juga mendapat keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dari kakaknya.


 kawasan untuk mencari informasi dan gudangnya segala acuan Makna yang Terkandung dalam Dasa Darma Pramuka dan Trisatya

bapak pandu dunia


Sifatnya yang cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar membuat Baden Powell banyak disukai oleh teman-temannya.


Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk program latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk pria dengan nama Boys Scout. Dari situlah kegiatan pramuka mulai banyak dikenal mata dunia. Karena jasa-jasa yang telah dilakukannya tidak heran kalau Baden Powell dijuluki sebagai bapak pandu dunia


Sejarah Pramuka di Indonesia


Melalui buku Scouting for Boys itulah kegiatan pramuka mulai berkembang di Indonesia. Baru pada kurun waktu tahun 1950-1960 organisasi kepanduan tumbuh semakin banyak jumlah dan ragamnya, bahkan diantaranya merupakan organisasi kepanduan yang bergerak dipartai politik, tentunya hal itu menyalahi prinsip dasar dan metode kepanduan.


Namun, pada masa penjajahan Jepang organisasi yang berjulukan kepanduan tidak diperbolehkan dan dilarang. Dan para tokoh pandu pun menetapkan untuk beralih masuk Keibondan Seinendan dan PETA.


Organisasi kepanduan gres berdiri lagi sehabis Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya. Organisasi tersebut berjulukan Pandu Rakyat Indonesia yang merupakan satu-satunya organisasi pada masanya. Organisasi Pandu Rakyat Indonesia ini dibuat pada tanggal 28 Desember 1945.


Namun, pada tahun 1961 organisasi kepanduan kembali terpecah. Organisasi kepanduan terpecah menjadi 100 organisasi yang terhimpun oleh federasi  organisasi yang berjulukan Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) dan Persatuan Kepanduan Putri Indonesia (PKPI).


Ditahun-tahun selanjutnya federasi tersebut kembali mengalami perubahan lantaran sadar akan kelemahan dari organisasi yang terpecah. Kemudian diputuskanlah untuk bergabung kembali menjadi satu federasi yang kemudian dinamakan dengan Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO). Ditahun itu juga bersamaan dengan pramuka Indonesia dilahirkan, yaitu tahun 1961.


Dengan terbentuknya kepramukaan pemerintah menetapkan untuk membuat landasannya yang tercantum dalam Keppres RI Nomor 112 tahun 1961 tanggal 5 April 1961, yang isinya mengenai panitia pembantu pelaksana pembentukan gerakan pramuka.


Baru pada tanggal 14 Agustus 1961 pramuka mulai dirilis secara resmi dan diperkenalkan kepada masyarakat. Tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai hari lahir pramuka di Indonesia. Sejarah pramuka di Indonesia merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diketahui, terutama bagi yang sedang tahap berguru menjadi anggota pramuka Indonesia


Prinsip Dasar Pramuka Indonesia


Sejarah pramuka di Indonesia merupakan suatu hal yang perlu untuk diketahui setiap orang, biar kita bisa lebih mengahargai dan menghormati pramuka di Indonesia. Pengetahuan dalam hal kepramukaan juga merupakan suatu hal yang perlu untuk diketahui. Termasuk juga perihal prinsip-prinsip dasar kepramukan. Berikut ini yaitu prinsip dasar kepramukaan Indonesia yang harus kau ketahui



  • Iman, dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

  • Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup, dan alam seisinya.

  • Peduli terhadap dirinya pribadi.

  • Taat kepada instruksi kehormatan pramuka


Nah itu tadi beberapa point penting dalam prinsip kepramukaan Indonesia, dengan prinsip tersebut terdapat tujuan yang baik dan mulia. Tujuan dari pramuka juga merupakan inti dari pramuka Indonesia.


Tujuan Kegiatan Pramuka


Jika sebelumnya kita telah membahas prinsip dalam kegiatan pramuka, maka kita juga perlu tahu perihal tujuan dasar dari gerakan pramuka di Indonesia. Ada beberapa tujuan yang perlu kita ketahui dari pramuka Indonesia, diantaranya yaitu :



  • Memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, akhlaq yang mulia, jiwa yang patriot, taat terhadap hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, bercakapan hidup, sehat jasmani dan rohaninya.

  • Menjadikan setiap warga negara yang berjiwa pancasila, setia, dan patuh terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.


Dengan tujuan tersebut, dibutuhkan setiap anggota pramuka sanggup membangun diri sendiri, membangun diri secara berdikari menjadi anggota yang bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa maupun negara, dan mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi terhadap sesama mahluk hidup, baik insan maupun semua yang ada dilingkungan dan alam.


Semua sikap tersebut tercantum di dalam instruksi kehormatan pramuka yaitu dasa darma pramuka dan instruksi etik pramuka yaitu tri satya pramuka. Setiap anggota Pramuka wajib menanamkan sifat-sifat yang ada di dalam dasa darma pramuka dan mematuhi tri satya.


Tri Satya Pramuka


 kawasan untuk mencari informasi dan gudangnya segala acuan Makna yang Terkandung dalam Dasa Darma Pramuka dan Trisatya

banggapramuka.blogspot.com


Secara bahasa kata “tri” berarti tiga sedangkan kata “satya” berarti kesetian sehingga kalau digabungkan Tri Satya yaitu tiga kesetiaan yang harus di patuhi oleh setiap anggota Pramuka. Adapun isi dari Tri Satya yaitu sebagai berikut :


Tri Satya pramuka


Demi kehormatanku, saya berjanji bersungguh-sungguh


1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia serta mengamalkan pancasila

2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.

3. menepati Dasa Darma.


Dalam setiap bait tri satya mengandung arti yang harus dilakukan oleh anggota pramuka, yaitu :



  •  Menjalankan kewajiban/Perintah Tuhan, serta menjauhi segala apa yang menjadi larangan-Nya.

  • Kewajiban terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  •  Kewajiban terhadap Pancasila, yaitu dengan cara menghayati dan mengamalkan isinya.

  • Kewajiban terhadap sesama masyarakat, dengan cara mengabdi sepenuh hati kepada masyarakat

  • Kewajiban menghayati dan mengamalkan Dasa Darma.


Pengertian Dasa Darma Pramuka


 kawasan untuk mencari informasi dan gudangnya segala acuan Makna yang Terkandung dalam Dasa Darma Pramuka dan Trisatya


 


Secara bahasa “dasa” artinya yaitu sepuluh sedangkan “darma” yaitu perbuatan baik/kebajikan. Jika digabungkan dasadarma yaitu sepuluh perbuatan baik/kebajikan yang dijadikan sebuah dasar pedoman dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari yang selalu dijadikan pola dan diamalkan setiap hari


Sepuluh hal kebijakan yang terdapat didalam Dasa Darma cukup mempunyai kandungan arti yang sangat mendalam bagi insan pribadi. Supaya lebih terang mengenai sepuluh hal tersebut, berikut ini klarifikasi secara lengkap.


Isi dan Makna Dasa Darma Pramuka


Dasa Darma Pramuka

Pramuka itu :


1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

3. Patriot yang sopan dan kesatria.

4. Patuh dan suka bermusyawarah.

5. Rela menolong dan tabah.

6. Rajin, trampil dan gembira.

7. Hemat, cermat dan bersahaja.

8. Disiplin, berani dan setia.

9. Bertanggung jawab dan sanggup dipercaya.

10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.


Adapun untuk makna dari setiap bait-baitnya yaitu sebagi berikut


1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Sebagai insan yang beragama, sudah sepatutnya mematuhi perintah apa yang sudah ditetapkan. Begitu juga dengan anggota pramuka harus mempunyai sifat yang ibarat itu.



  • Seorang anggota pramuka mempunyai ketakwaan kepada tuhannya sebagai pemilik semesta

  • Menjalankan semua perintah ilahi dan meninggalkan apa yang dilarangnya


2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.


Allah telah membuat seluruh alam semesta di bumi ini. Yang terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan-tumbuhan, dan benda-benda bumi lainnya. Makhluk-makhluk hidup dan benda bumi itu diciptakan Allah untuk kesejahteraan manusia.


Baca Juga 45+ Kumpulan Contoh Puisi Ibu, Sahabat, Sedih, Galau, Lama


Oleh alasannya itu, pemberian yang Allah berikan kepada kita dijaga, dirawat, dan juga dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling tepat dengan diberi nalar budi, rasa, kelima indera dan sebagainya, sudah sepatutnya mengetahui makna seluruh ciptaan Allah.



  • seorang anggota pramuka mempunyai sifat cinta dan kasih sayang dengan makhluk ciptaan tuhan.

  • Anggota pramuka bisa menjaga dan memelihara alam

  • Senantiasa menjaga kebersihan dimanapun berada

  • Selalu menjaga kelestarian alam yang ada

  • Membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan


3. Patriot yang sopan dan kesatria


Patriot mempunyai makna putra tanah air, sebagai seorang warga negara republik Indonesia. Anggota Pramuka yaitu putra yang baik, berbakti, setia, dan siap siaga dalam membela tanah air. Sopan merupakan tingkah laris yang halus dan menghormati orang lain terkhusus kepada yang lebih tua.



  • Jika berbuat salah berani untuk mengakui kesalahan yang diperbuat

  • Ikut serta dalam menjaga keutuhan NKRI

  • Menghormati yang lebih renta dan mengasihi yang lebih muda


4. Patuh dan suka bermusyawarah


Patuh mempunyai makna setia, dan bersedia melaksanakan sesuatu hal apa pun yang sudah disepakati serta ditentukan. Sedangkan musyawarah merupakan  sikap utama seorang demokrat yang menghormati pendapat orang lain.



  • Selalu patuh kepada guru, abang pembina, dan orangtua

  • Utamakan bermusyawarah dalam setiap mengambil keputusan

  • Patuh akan segala perintah dan peraturan yang diberikan


5. Rela menolong dan tabah


Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial, tidak bisa hidup tanpa sumbangan orang lain. Maka dari itu, kita sebagai insan yang mempunyai kebijaksanaan pekerti yang baik sudah sepatutnya saling tolong menolong bagi yang membutuhkan


Tabah yaitu suatu sikap terhadap ujian yang Allah berikan kepada hambanya. Meskipun seorang anggota Pramuka harus menjalankan tugasnya dan menghadapi kesulitan.Akan tetapi mereka tidak boleh mundur maupun ragu dan tetap menghadapi kesulitan-kesulitan, untuk mendapat apa yang diinginkan.



  • Setiap anggota pramuka di ajarkan untuk saling menolong tanpa ada rasa pamrih

  • Selalu sabar dalam menghadapi segala tragedi alam serta ujian yang menimpa dan tidak gampang putus asa


6. Rajin, Terampil, dan Gembira



  • Selalu hadir dalam setiap kegiatan kepramukaan

  • Dapat memanajemen waktu dengan baik

  • Mampu memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang mempunyai nilai guna

  • Selalu riang gembira ketika melaksanakan kegiatan pramuka


7. Hemat, cermat dan bersahaja



  • Tidak boros dan berusaha untuk hemat dalam mengatur segala kebutuhan

  • Rajin menabung

  • Bersikap sederhana dan tidak berlebihan

  • Disiplin waktu

  • Bisa membuat perencanaan sebelum melaksanakan tindakan


8. Disiplin, berani dan setia



  • Disiplin dalam melaksanakan segala hal

  • Selalu tepat waktu sesuai dengan kegiatan yang sudah ditentukan

  • Berani dalam mengambil keputusan

  • Anggota pramuka juga harus berani tanpa ada rasa takut untuk melaksanakan kegiatan selama kegiatan itu konkret tanpa ada rasa ragu-ragu

  • Setiap anggota pramuka mempunyai sifat setia, setia dengan suatu hal yang bersifat positif


9. Bertanggung jawab dan sanggup dipercaya



  • Jika diberi amanah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya

  • Bertanggung jawab atas segala hal yang dilakukan

  • Anggota pramuka harus bisa dipercaya dalam menjalankan sebuah amanah.


10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan



  • Didalam hati dan pikiran seorang pramuka harus mempunyai sifat yang bersih. tidaka ada niatan buruk atau sifat buruk apapun di setiap harinya

  • Berhati-hati mengendalikan diri dari ucapan yang tidak pantas dan menjadikan ketidak percayaan orang lain pada dirinya.



  • Selalu menjaga diri dalam segala tindak perbuatan buruk yang melanggar berdasarkan kehidupan masyarakat dan syariat agama





Nah, buat sobat Pramuka yang ingin Menghafal Dasa Darma Pramuka ini, ada trik dan rahasianya biar gampang menghafal, yaitu:


Hafalkan kata depan: Ta, Ci, Pa, Pa, Re, Ra, He, Di, Be, Su (Takwa, Cinta, Patriot, Patuh, Rela, Rajin, Hemat, Disiplin, Bertanggung jawab, Suci)


Nah, itu tadi sedikit materi perihal dasa darma pramuka dan tri satya dari admin untuk kalian para anggota pramuka. Semoga sanggup menambah ilmu dan wawasan kita dan bermanfaat bagi kalian para pembaca. Dukungan kalian sangat besar lengan berkuasa dalam kemajuan website ini. Share artikel ini kalau sekiranya sanggup membantu orang yang sedang membutuhkan. Jangan lupa untuk selalu mampir di portal dunia suka-suka ?


0 Response to "Makna Yang Terkandung Dalam Dasa Darma Pramuka Dan Trisatya"

Posting Komentar