√ Cara Gampang Merawat Bonsai Serut Supaya Bonsai Dapat Bertahan Lama

Bonsai Serut – Banyak sekali jenis tumbuhan yang sanggup dijadikan sebagai tanaman bonsai. Tapi jenis tumbuhan yang paling sering untuk dijadikan bonsai ialah tumbuhan serut.


Streblus Asper merupakan nama latin dari tumbuhan serut, bonsai dari jenis pohon yang mempunyai ciri batang berwarna pucat. Daun bonsai berukuran kecil berwarna hijau renta yang berjejer rapat tampak menyerupai bundar bola.


Ukuran daun bonsai serut hanya sekitar 5 hingga 10 cm, mempunyai bentuk panjang dan mempunyai gigi daun. Bonsai ini juga terdapat bunga dengan ukuran kecil. Tanaman ini sangat cocok jikalau dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah.


Bonsai serut mempunyai banyak istilah dan julukan, misalnya pohon kertas pasir, semak bernafsu siam, dan pohon sikat gigi. Daerah yang menjadi tempat berkembangnya tumbuhan ini menyerupai di Kamboja, Thailand, Sri Langka dan India. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, tumbuhan ini banyak ditemukan di pulau jawa dan sumatra.


Bonsai serut termasuk salah satu jenis bonsai yang paling diminati banyak orang alasannya ialah bentuknya yang unik dan menarik. Saat melihat bonsai serut, kau seakan sedang melihat dunia yang lebih kecil. Bentuk serut terlihat apik saat dibentuk versi mini.


Jika kau meletakkan mainan action figure, bonsai ini semakin terlihat menyerupai dunia dalam ukuran kecil.


Menurut para penggemarnya, bonsai ini ialah bonsai yang paling ideal untuk ditanam. Bonsai ini gampang untuk ditanam dan perawatannya juga tidak terlalu merepotkan. Untuk lebih mengetahui lebih dalam seputar bonsai serut, berikut kami sajikan beberapa fakta menarik bonsai serut yang belum diketahui banyak orang.


Ciri-ciri Bonsai Serut


Banyak sekali jenis tumbuhan yang sanggup dijadikan sebagai  √ Cara Praktis Merawat Bonsai Serut supaya Bonsai Bisa Bertahan Lama


Bonsai ini mempunyai ciri utama yakni daunnya berwarna hijau dan batangnya berwarna putih. Daun serut aslinya memang kecil, tapi saat serut dijadikan tumbuhan bonsai daunnya akan berbentuk lebih kecil lagi.


Tanaman serut juga mempunyai buah yang berwarna hijau dan terdapat bunga yang berwarna putih. Namun, alasannya ialah bentuknya yang kecil menciptakan buah dan bunganya tidak terlalu kelihatan.


Batang serut gampang untuk tumbuh di tempat yang kecil, tunasnya gampang sekali muncul sehingga kita sanggup membentuk batang sesuai dengan selera kita masing-masing.


Merontokan Daun Ketika Kemarau


Banyak sekali jenis tumbuhan yang sanggup dijadikan sebagai  √ Cara Praktis Merawat Bonsai Serut supaya Bonsai Bisa Bertahan Lama


Fakta unik yang selanjutnya ialah tumbuhan serut akan merontokan daun saat animo kemarau tiba. Dengan merontokan daunnya ialah cara serut untuk menghemat air yang terkandung di dalamnya.


Jadi jangan kaget ya saat kau merawat bonsai serut kau akan dilihatkan dengan rontoknya daun-daun serut saat animo kemarau. Bonsainya tidak mati, hal itu dilakukan untuk mengikuti keadaan dengan kondisi alam.


Jangan keburu khawatir dulu, sesudah merontokan daunnya bonsai ini akan kembali memunculkan daunnya seminggu setelahnya.


Bonsai Berusia Ratusan Tahun


Banyak juga pohon-pohon yang bisa bertahan hingga beratus-ratus tahun menyerupai pohon beringin. Tapi ternyata, serut juga bisa bertahan hidup hingga usia ratusan tahun. Hal inilah yang menimbulkan bonsai ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Kamu bisa menjadikan bonsai ini sebagai warisan yang sanggup diturunkan ke anak cucu mu.


Bonsai Serut Berasal dari Alam


Memang sih semua tumbuhan itu asal nya dari alam. Manusia sanggup melestarikan tumbuhan dengan membantu perkembangbiakannya. Sebagian besar tumbuhan serut ternyata masih diambil dari alam aslinya. Padahal dengan teknologi secanggih jaman sekarang, insan sanggup mengembangbiakannya secara massal.


Untuk pemindahan serut dari alam ke pot, kau harus memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya ialah saat akan memtong akarnya. potonglah potongan akar, kemudian tanam lagi kedalam tanah.


Tunggu selama kurang lebih 2 bulan lamanya, kemudia lakukan pemotongan akar untuk yang kedua kalinya. Baru sesudah itu tumbuhan serut sanggup dipindahkan ke dalam pot


Cara Membuat Bonsai Serut


Langkah awal yang harus kau lakukan saat akan menciptakan bonsai serut ialah menentukan bibit bakalan bonsai yang anggun dan tentunya berkualitas.


Untuk menanam tumbuhan ini media tanam yang paling anggun ialah adonan antara tanah gunung, pupuk sangkar dan humus. Perbandingan dosis ketiganya ialah 1:1:1.


Ada banyak metode penanaman yang sanggup kau lakukan seperti dengan cara pembibitan pada umumnya, cangkok, ataupun stek pada bonsai yang cukup berumur. tinggal kau pilih sesuai dengan kemampuanmu yang menurutmu paling gampang untuk dilakukan


Pada masa pembentukannya, letakan bonsai ini ke dalam pot yang agak besar. Baru sesudah mencapai ukuran yang diinginkan, kau bisa memindahkan bonsai tersebut ke dalam pot yang sesuai dengan seleramu.


Cara Merawat Bonsai Serut


Setiap makhluk hidup tentunya membutuhkan cahaya matahri, entah itu usang ataupun sebentar. Tanaman bonsai pohon serut merupakan tumbuhan yang cukup membutuhkan cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama.


Untuk merawat bonsai pohon serut, upaya pertama ialah dengan menyiram tumbuhan ini tiap hari minimal satu kali. Selain itu, cara perawatan selanjutnya yang cukup penting yaitu memberi pupuk dan memangkas.


Tujuan dari memberi pupuk dan pemangkasan ialah untuk merangsang pertumbuhan daun supaya sanggup tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.


Kemudian untuk mencegah tumbuhan pohon serut ada tidak terkena penyakit sanggup dilakukan dengan menyemprotkan pestisida.


Kutu Putih si Musuh Bebuyutan


Perlu kau ketahui, bonsai serut juga gampang terkena serangan hama, terutama si kutu putih. Kutu putih embun madu yang rasanya manis. Embun madu ini sanggup menimbulkan cendawan jelaga tumbuh dengan baik. Cendawan jelaga seringkali menutupi daun sehingga daun yang awalnya berwarna hijau bermetamorfosis kehitaman. Untuk mengatasinya kau bisa sesekali menyemprotkan cairan pestisida dan fungsida secara berkala


Jual Bonsai Serut Murah


Nah itu tadi beberapa fakta ihwal bonsai serut. Semoga sanggup menambah wawasanmu seputar tumbuhan bonsai. Bagi kalian yang berminat atau berkeinginan untuk mengoleksi atau hanya sekedar menjadikan sebagai hiasan pekarangan rumah, kami menyediakan beraneka ragam macam tumbuhan bonsai dengan harga yang pas dan tentunya berkualitas


Kami jual bonsai dengan harga yang terjangkau mulai dari 100.000 hingga 35.000.000. Harga itu tergantung dari jenis bonsai dan bentuk bonsai yang diinginkan. Kami juga melayani pengiriman tumbuhan bonsai ke seluruh wilayah Indonesia.


Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot untuk tiba ke tempat budidaya kami, anda cukup menentukan bonsai melalui website yang sudah disediakan. Kami akan menawarkan pohon bonsai yang terbaik bagi para customer kami. Langsung saja hubungi nomer yang tertera di bawah ini


Contact Person : 085697760830 (WA only) |


0 Response to "√ Cara Gampang Merawat Bonsai Serut Supaya Bonsai Dapat Bertahan Lama"

Posting Komentar