√ 9 Langkah Cara Gampang Menciptakan Bonsai Kelapa

Cara Membuat Bonsai Kelapa – Tanaman bonsai merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak disukai oleh banyak orang. Selain lantaran bentuknya yang unik, tumbuhan bonsai juga sanggup dijadikan untuk hiasan rumah. Ada banyak sekali macam jenis bonsai, banyak tumbuhan yang sanggup dijadikan bonsai.


Salah satu tumbuhan yang sanggup dijadikan bonsai yaitu pohon kelapa. Tanaman bonsai kelapa mempunyai bentuk dan karakteristik yang unik, sangat cocok untuk dijadikan hiasan rumah. Ada juga yang lebih unik dan menarik yakni bonsai kelapa bercabang


Bonsai kelapa termasuk salah satu jenis bonsai yang diminati di pasar tumbuhan hias, khususnya buat para pecinta bonsai.


Tentu pembaca ingin tau bukan bagaimana sanggup pohon kelapa yang besar dan tinggi menjulang itu disulap menjadi tumbuhan kerdil dan ukurannya menjadi lebih kecil. Nah, simak artikel ini hingga selesai jikalau kau ingin mengetahui jawabannya.


Baca Juga 6 jenis Tanaman Bonsai Terbagus yang Hanya Ada di Indonesia



Cara Membuat Bonsai Kelapa


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak disukai oleh banyak orang √ 9 Langkah Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Jenis-jenis Kelapa yang Dapat dijadikan Bonsai


Langkah awal yang harus kau lakukan ketika akan menciptakan bonsai kelapa yaitu menentukan bibit unggulan dari pohon kelapa yang manis dan sehat. Ada beberapa jenis kelapa yang sanggup dijadikan bonsai. Seperti kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino.


Untuk mengetahui jenis kelapanya, kau sanggup melihat dari karakteristisk pohon kelapa nya. Untuk pohon kelapa gading merah mempunyai warna merah kekuning-kuningan. Jika sudah menjadi bonsai, kelapa gading merah akan menjadi bonsai yang indah dan unik. Namun, untuk mendapat hasil yang maksimal dibutuhkan perhatian yang ekstra dalam proses pembuatannya.


Hal yang paling sulit dalam merawat kelapa gading merah yaitu mempertahankan warna kemerahannya. Untuk mempertahankan warnanya kau sanggup menggunakan pupuk dalam jumlah yang agak banyak. Karena jikalau pohon kelapa gading merah kekurangan zat yang terdapat dalam pupuk, warnanya akan kembali menjadi hijau.


Untuk kelapa gading susu mempunyai karakteristik warna putih dan tumbuhan ini banyak tumbuh di kawasan subtropis. Selain dijadikan bonsai, kelapa susu juga sering dijadikan sebagai pengganti pohon palem untuk diletakan di taman.


Sedangkan kelapa albino mempunyai warna yang sama dengan kelapa susu yakni warna putih. Warna putih pada kelapa albino lebih jelas daripada kelapa susu. Tentu ketika tumbuhan ini sudah menjadi bonsai, alhasil akan terlihat unik dan menarik


Memilih Bibit Kelapa


Setelah kau mengatuhui jenis-jenis kelapa apa saja yang sanggup untuk dijadikan bonsai, sekarang saatnya untuk masuk ke tahap pemilihan bibit bonsai.


Untuk menciptakan bonsai kelapa, dibutuhkan bibit yang manis dan berkualitas supaya alhasil sesuai dengan yang diharapkan. Bibit yang manis untuk dijadikan bonsai yaitu yang sudah agak tua. Karena kelapa yang sudah berumur akan lebih cepat untuk tumbuh tunas baru.


Alangkah lebih baik jikalau kau mengambilnya eksklusif dari pohonnya. Jika menggunakan bibit yang sudah jatuh dikhawatirkan adanya keanehan pada bibit yang dipakai sehingga nanti alhasil juga kurang memuaskan. Atau sanggup juga batok kelapanya sudah rapu dan retak jawaban benturan ketika jatuh.


Untuk ukurannya, ambil bibit yang ukurannya tidak terlalu besar atau kecil. Namun, mempunyai akar yang besar dan kuat. Bibit dengan ukuran batok yang kecil akan memudahkan ketika membentuk batang nantinya.


Menentukan Posisi Batok Kelapa


Tempat awal pertumbuhan kelapa terletak pada batoknya, makanya kita harus menempatkan batok kelapa pada posisi yang pas supaya nantinya pertumbuhan kelapa sanggup maksimal.


Pertama, letakkan bibit yang belum mempunyai tunas pada tanah yang mempunyai kandung air dan unsur hara yang cukup banyak. Bibit akan tumbuh tunas selama kurang lebih 1 hingga 2 minggu.


Setelah itu, letakkan batok kelapa pada posisi vertikal, nantinya batok kelapa akan dikelilingi akar. Atau sanggup juga diletakkan horizontal, nantinya bentuk bonsai kelapa akan menyerupai rumah siput.


Membersihkan Sabut Kelapa


Ketika tunas sudah muncul, bersihkan sabut kelapa yang ada pada tunas kelapa. Bersihkan dengan cara mengupas dengan sayatan-sayatan bujur mengitari batok.


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak disukai oleh banyak orang √ 9 Langkah Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa  merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak disukai oleh banyak orang √ 9 Langkah Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Ketika membersihkan sabut kelapa, perlu kehati-hatian supaya tidak mengenai tunas dan akar yang gres tumbuh. Setelah disayat sanggup eksklusif dikupas sabut kelapa yang ada pada batok kelapa


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak disukai oleh banyak orang √ 9 Langkah Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Membersihkan Bulu Halus Batok Kelapa


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak disukai oleh banyak orang √ 9 Langkah Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa


Setelah batok kelapa higienis dari sabutnya, langkah selanjutnya yaitu membersihkan bulu halus pada batok kelapa. Bulu halus sanggup dihilangkan dengan menggunakan pisau hingga batok kelapa bersih. Untuk menciptakan tampilan lebih manis kau sanggup mengahaluskannya dengan menggunakan amplas


Mempersiapkan Media Menanam Bonsai Kelapa


Siapkan pot dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kelapa, atau setidaknya sanggup menampung batok kelapanya. Setelah itu isi pot dengan adonan tanah, air, dan pupuk kandang. Dengan perbandingan takarannya 2:1:1


Apabila pot sudah terisi, selanjutnya yakni menyiapkan botol bekas air mineral untuk dijadikan epilog cuilan tunas kelapa. kenapa tunas kelapa ditutup? Alasannya supaya sanggup berkembang dengan cepat. Botol air mineral tadi dipotong cuilan atas botol dengan tinggi kurang lebih 5 cm.


Proses Penanaman


Batok kelapa bertunas tadi sanggup eksklusif dimasukkan ke dalam pot yang berisikan adonan tanah, air, dan pupuk kandang. Penanam bonsai kelapa bercabang dengan pelan-pelan. Letakkan batok kelapa dengan posisi miring. Kemudian ketika memasukkan ke dalam media tanam, jangan hingga menciptakan akarnya putus.


Membentuk Bonsai Kelapa


Tahap ini merupakan proses yang cukup penting lantaran jikalau pada tahap ini gagal maka sanggup dikatakan kau telah gagal dalam menciptakan bonsai kelapa.


Untuk menciptakan ukurannya tetap kecil, kau harus menyayat pada cuilan tunas yang lebih tua.


Bagaimana cara penyayatannya?


Ketika bibit sudah tumbuh hingga mencapai 15 hingga 20 cm, perlu disayat pada cuilan yang paling bawah. Ketika melaksanakan penyayatan jangan hingga terkena tunas yang muda, lantaran hal itu akan mengakibatkan pembusukan pada tunas kelapanya. Lakukan penyayatan sehari minimal 3 kali supaya alhasil nanti sanggup maksimal


Merawat Bonsai Kelapa


Tahapan final dalam proses pembuatan bonsai kelapa yaitu merawat bonsai. Untuk merawatnya pun cukup mudah, kau hanya perlu menyiraminya sehari sekali dikala pagi atau sore harinya. Namun ketika demam isu kemarau tiba, intensitas penyiramannya harus lebih sering.


Selain disiram bonsai kelapa juga perlu untuk diberikan pupuk. Untuk pemupukannya sanggup dilakukan setiap 15 hari sekali. Bisa juga menggunakan insektisida atau herbisida supaya tumbuhan bonsai batok kelapa terbebas dari serangan penyakit dan hama. Pemberian nutrisi yang cukup juga sanggup mempercepat bonsai batok kelapamu cepat berbuah


Jual Bonsai Kelapa Murah dan Berkualitas


Nah itu tadi sekilas perihal bagaimana cara menciptakan bonsai kelapa yang benar. Semoga sanggup menambah wawasanmu seputar tumbuhan bonsai. Bagi kalian yang berminat atau berkeinginan untuk mengoleksi atau hanya sekedar menimbulkan sebagai hiasan pekarangan rumah, kami menyediakan beraneka ragam macam tumbuhan bonsai dengan harga yang pas dan tentunya berkualitas


Kami jual bonsai dengan harga yang terjangkau mulai dari 100.000 hingga 35.000.000. Harga itu tergantung dari jenis bonsai dan bentuk bonsai yang diinginkan. Kami juga melayani pengiriman tumbuhan bonsai ke seluruh wilayah Indonesia.


Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot untuk tiba ke tempat budidaya kami, anda cukup menentukan bonsai melalui website yang sudah disediakan. Kami akan memperlihatkan pohon bonsai yang terbaik bagi para customer kami. Langsung saja hubungi nomer yang tertera di bawah ini


Contact Person : 085697760830 (WA only)


0 Response to "√ 9 Langkah Cara Gampang Menciptakan Bonsai Kelapa"

Posting Komentar