15 Khasiat Dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Terbukti [Ampuh!]

Manfaat Labu Siam – Labu siam merupakan salah satu masakan yang sering dimakan oleh orang Indonesia. Di wiliyah Jawa, masakan ini sering disebut dengan istilah “jipan/jipang”. Sedangkan di dunia labu siam lebih dikenal dengan istilah Chayote. Labu siam sendiri bukan merupakan masakan khas dari Indonesia. Sama menyerupai namanya, labu siam berasal dari kawasan Siam, salah satu kawasan di Thailand. Labu siam ialah sayuran yang masuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan mentimun dan labu kuning. Nama ilmiah dari labu siam sendiri adalah Sechium Edule.


Pohon labu siam ini jenisnya termasuk kedalam flora merambat yang mempunyai sulur-sulur dimana nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya dari labu siam itu sendiri. Labu siam sanggup tumbuh ditempat yang lembab namun tidak becek dan tidak mengandung banyak air. Untuk masa panennya labu siam sanggup dipanen setiap 30 hari sekali dari masa tanamnya. Memang tidak menyerupai sayuran yang lain yang masa panennya setiap beberapa bulan sekali.


Buat orang yang belum tahu labu siam bukanlah termasuk golongan dari buah, melainkan termasuk golongan sayuran walaupun namanya labu. Labu siam mempunyai bentuk bundar menyerupai buah pir dan berwarna hijau. Berdasarkan penelitian dari para pakar kesehatan menemukan jikalau kandungan protein yang terdapat pada labu siam merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan sebuah penilitian di Universitas North Florida menemukan bahwal labu siam banyak mengandung vitamin.


Ternyata labu siam juga merupakan sayuran yang rendah akan kalori. Selain mengandung nutrisi dan vitamin masih ada banyak kandungan yang terdapat pada labu siam menyerupai tinggi serat dan juga kaya akan mineral.



Kandungan Gizi


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya labu siam terdapat banyak sekali banyak sekali macam kandungan yang didalamnya terdapat nilai gizi yang tinggi. Berikut ini kami sajikan tabel nilai gizi yang terdapat pada labu siam.

























































































































































Labu Siam (Sechium edule) dalam keadaan mentah,

di dalam setiap 100 gram, mengandung:
KandunganNilai GiziPresentase menurut Saran Penyajian
Energi19 Kcal<1%
Karbohidrat4.51 g3.5%
Protein0.82 g1.5%
Total Lemak0.13 g<1%
Kolesterol0 mg0%
Serat1.7 g4.5%
Vitamin
Folat93 µg23%
Niacin0.470 mg3%
Asam Pantothenic0.249 mg5%
Pyridoxine0.076 mg6%
Riboflavin0.029 mg2%
Thiamin0.025 mg2%
Vitamin A0 IU0%
Vitamin C7.7 mg13%
Vitamin E0.12 mg<1%
Vitamin K4.1 µg4%
Elektrolit
Sodium2 mg<1%
Potassium125 mg2.5%
Mineral
Kalcium17 mg1.7%
Zat Besi0.34 mg4%
Magnesium12 mg3%
Zat Mangan0.189 mg8%
Fosfor18 mg2.5%
Selenium0.2 µg<1%
Zinc0.74 mg7%

Dengan adanya banyak sekali kandungan yang ada pada labu siam kemudian apa manfaat dari labu siam ini ? Simak klarifikasi manfaat labu siam dibawah ini


Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan


Dilihat dari kandungan yang ada pada labu siam dimana zat-zat yang terkandung didalamnya elok untuk tubuh niscaya mempunyai banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Untuk kesehatan labu siam mempunyai banyak sekali manfaat mulai dari menyembuhkan banyak sekali macam penyakit hingga sanggup juga untuk membantu menjalankan aktivitas diet untuk menurunkan berat badan


Menurunkan Berat Badan


 Labu siam merupakan salah satu masakan yang sering dimakan oleh orang Indonesia 15 Khasiat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Terbukti [Ampuh!]


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya labu siam termasuk sayuran yang rendah akan kalori. Perlu kau ketahui labu siam hanya mengandung 16 kalori saja didalam setiap 100 gramnya. Selain itu dilihat dari tabel kandungan gizi diatas labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan juga kolesterol sama sekali. Labu siam juga kaya akan serat yang cukup tinggi. Sehingga dilihat dari kandung-kandungan yang terdapat pada labu siam, sayuran ini sangat cocok kau gunakan dalam menjalankan aktivitas diet mu


Mencegah Bayi Lahir Cacat


 Labu siam merupakan salah satu masakan yang sering dimakan oleh orang Indonesia 15 Khasiat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Terbukti [Ampuh!]


Di dalam labu siam terdapat kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folat yang ada pada labu siam yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan.  Folat sendiri sangat diharapkan pada dikala proses pembelehan sel yang terjadi di dalam rahim, sehingga untuk ibu yang sedang hamil folat sangat membantu bagi tumbuh kembang sang janin selain itu juga memperkecil resiko terjadinya cacat pada bayi nantinya.


Khasiat Labu Siam untuk Menurunkan Kolesterol


 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menurut pada tabel kandungan gizi diatas labu siam tidak mengandung lemak jenuh, bahkan untuk kandung kalorinya sendiri sangat rendah. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam merupakan sayuran yang cocok untuk mengendalikan kadar kolesterol yang tinggi. Dan sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Maka dari itu ketika kada kolesterol tinggi segeralah untuk mengkonsumsi labu siam biar kolesterol segera turun kembali.


Mencegah Penyakit Kanker


Didalam labu siam terdapat kandungan oksidan yaitu apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini lah yang berfungsi untuk melawan dan membersihkan radikal bebas dan zat kotor pada tubuh penyebab kanker pada tubuh. Maka dari itu dengan mengonsumsi labu siam berarti anda sudah meminimalisir terkena penyakit kanker.


Sumber Stamina


Tanaman labu siam dikenal juga mengandung zat potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit, kandungan inilah yang berguna sebagai sumber stamina untuk tubuh kita. Kandungan potassium yang terdapat pada labu siam sebanyak 125mg per 100gramnya.


Manfaat Labu Siam untuk Mencegah Penuaan Dini


Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Di dalam labu siam terdapat kandungan Flavonoid. Kandungan zat inilah yang berguna untuk membasmi dan menghancurkan zat-zat berbahaya dan jahat seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yakni zat yang merupakan turunan dari oxygen namun bersifat reaktif dan negatif sehingga cenderung termasuk kedalam zat jahat yang sanggup membahayakan bagi tubuh. Faktor tersebutlah yang mengakibatkan terjadinya penuaan dini pada tubuh.


Sumber Antioksidan


Di dalam labu siam terdapat sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri termasuk salah satu antioksidan yang berguna untuk membantu mencegah kerusakan sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi sedikitnya 100 gram labu siam, maka anda akan memenuhi sekitar 13 dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya.


Manfaat Labu Siam untuk Mengobati Batu Ginjal


Ternyata selain dari buah labu siam, ada organ lain yang sanggup dimanfaatkan untuk kesehatan. Daun dari flora labu siam sanggup dipakai sebagai obat tradisional untuk mengobati kerikil ginjal. Hal ini menyerupai yang diungkapkan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh University North Florida bahwa daun labu siam berguna untuk mengobati penyakit kerikil ginjal, selain itu daun labu siam juga sanggup dimanfaatkan untuk menurunkan darah tinggi.


Mencegah Sembelit


 Labu siam merupakan salah satu masakan yang sering dimakan oleh orang Indonesia 15 Khasiat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Terbukti [Ampuh!]


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa labu siam mengandung serat yang tinggi. Nah, dengan mencampurkan labu siam kedalam masakan yang kita konsumsi itu berarti akan menambah asupan serat yang dibutuhkan tubuh kita. Serat tersebut berguna untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Dengan begitu resiko terkena sembelit akan berkurang lantaran serat yang diharapkan oleh tubuh terpenuhi dan juga proses pencernaan di dalam tubuh berjalan dengan lancar.


Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Sudah disinggung sebelumnya bahwa labu siam juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh University Purdue. Dalam penelitian tersebut daun labu siam dipakai sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk minuman, kesannya sesudah beberapa dikala mengonsumsi teh tersebut tekanan darah menjadi turun.


Mengobati Kembung


Ternyata labu siam juga sanggup berguna untuk mengatasi gangguan pada perut. Misalnya ketika anda mengalami perut kembung, cobalah untuk meminum teh dengan irisan daging labu siam. Ini lantaran ternyata di dalam labu siam terdapat kandungan unsur-unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu keuntungannya yakni untuk mengobati perut kembung.


Mencegah Penyakit Jantung


Labu siam banyak mengandung vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu vitamin C yang juga berguna sebagai antioksidan. Sebagai anti oksidan vitamin C sanggup mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan zat jahat menyerupai salah satunya yaitu penyakit jantung.


Sebagai Sumber Mineral


Labu siam banyak sekali mengandung banyak sekali macam jenis mineral diantaranya yaitu potassium, zat besi, fosfor. Kandungan mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi, mempertahankan kesehatan metabolisme.


Mencegah Anemia


Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah disebabkan lantaran kurangnya vitamin B2 dan juga zat besi. Labu siam mengandung kedua unsur tersebut yang sanggup merangsang dan memproduksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh secara berkala, sehingga akan mengurangi potensi terkena penyakit anemia.


Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Stroke


Berdasarkan penelitian jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terserang penyakit stroke hingga penyakit jantung. Ternyata labu siam mengandung zat folat yang berguna untuk menstabilkan kadar homocysteine di dalam darah, sehingga resiko terkena penyakit stroke akan berkurang dengan mengonsumsi labu siam


Efek Samping Labu Siam


Pepatah bilang segala sesuatu yang berlebihan niscaya tidak baik walaupun itu ialah kebaikan. Sama hal nya dengan kita mengonsumsi labu siam secara berlebihan tentunya juga akan menjadikan efek samping pada kesehatan kita.


Ada satu hal yang perlu anda perhatikan ketika akan mengonsumsi labu siam. Ketika mau mengupas kulit labu siam hendaknya berhati-hati lantaran kulit dari labu siam mengandung getah bening dimana jikalau getah tersebut terkena kulit akan menjadikan efek gatal bahkan sanggup hingga menjadikan efek mati rasa pada objek yang terkena getah tersebut. Hal tersebut terjadi lantaran didalam getah labu siam terdapat kandungan sejenis zat yang bersifat anestesi.


Namun tidak perlu khawatir lantaran efek yang ditimbulkan dari getah labu siam hanyalah sementara saja. Jika sudah telanjur terkena getah labu siam segeralah basuh dengan air sebersih mungkin objek yang terkena getah labu siam. Tunggu beberapa dikala nanti efek yang ditimbulkan dari getah labu siam akan menghilang dengan sendirinya.


Satu lagi, ternyata labu siam juga akan menunjukkan reaksi jikalau terjadi interaksi dengan obat-obatan yang dipakai dalam pengobatan kardiovaskular, menyerupai aspirin, dan lain sebagainya.


Nah, itu tadi sekilas perihal banyak sekali macam manfaat labu siam khususnya bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengonsumsi sayuran khususnya labu siam tubuh kita akan senantiasa sehat dan juga akan terhindar dari banyak sekali macam penyakit lantaran sayuran sendiri mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh dan juga mencegah virus penyakit masuk ke dalam tubuh kita.


0 Response to "15 Khasiat Dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Terbukti [Ampuh!]"

Posting Komentar