Download Makalah Shorof Perihal Fi'il-Fi'il Tsulatsi Mujarrod Dan Mazid

Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid- Kali ini Belajarmengajar ingin memposting p;engetahuan agama mengenai fan Ilmu Shorof yang sering dipakai oleh bawah umur yang ingin memahami dan memperdalami Ilmu gramatika Arab. untuk lebih lengkapnya silahkan didownload aja sempurna pada link yang kami sediakan.
 Kali ini Belajarmengajar ingin memposting p Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

A.Pengertian fiil tsulasi mujarod
Fi’il tsulatsi mujarrod ialah kalimat fi’il madzinya yang terdiri dari tiga aksara dan tidak ada  aksara tambahan. Contoh lengkap : نصر, ضرب  . Adapun fi’il tsulatsi mujarrod itu segenapnya ada enam bab. Dan diantara tiap-tiap babnya sanggup dibedakan dengan adanya harokat ‘ain fi’il yang ada sempurna pada fi’il madzi dan fi’il mudlori sesuai dengan yang keterangan sempurna pada lafadz berikut ini :

Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

فتح ضم, فتح كسر, فتحتان, كسر فتح, ضم ضم, كسرتان” ”
1.    Macam-macam belahan fiil tsulasi mujarod
فتح ضم .1     : ‘ain fi’il dibaca fathah sempurna pada fi’il madzi dan dibaca dlomah sempurna pada fi’il mudlori’, wazannya yakni فعَل يفعُل Contoh lengkap :
نصرزيندعمروا    =   Zaid telah dan sudah menolong Amar
فتح كسر .2    : ‘ain fi’il dibaca fathah sempurna pada fi’il madzi dan dibaca kasroh sempurna pada fi’il mudlori’, wazannya adalah  فعَل يفعِل Contoh lengkap :
 ضربت زيدا      =  Saya memukul Zaid
فتحتا ن .3     : ‘ain fi’il dibaca fathah sempurna pada fi’il madzi dan sempurna pada fi’il mudlori’, wazannya yakni فعَل يفعَل Contoh lengkap :
فتح زيد الباب    = Zaid membuka pintu
كسر فتح .4    : ‘ain fi’il dibaca kasroh sempurna pada fi’il madzi dan dibaca fathah sempurna pada fi’il mudlori’, wazannya adalah  فعِل يفعَل Contoh lengkap :
علم زيد المسألة   = Zaid mengetahui masalah
ضم ضم .5    : ‘ain fi’il dibaca dlomah sempurna pada fi’il madzi dan sempurna pada fi’il mudlori’. Wazannya yakni فعُل يفعُل  pola :
حسن زيد أخلاقا  = zaid akhlakny bagus
كسرتان .6     : ‘ain fi’il dibaca kasroh sempurna pada fi’il madzi dan sempurna pada fi’il mudlori’. Wazannya yakni فعِل يفعَل
Contoh lengkap : حسب زيدعمرالعالم  = zaid menyangka Amr orang yang pintar
Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid [DOWNLOAD]
B.Pengertian Fi’il Tsulatsi Mazid

Ada beberapa, bahkan banyak macam dan jenis fi’il salah satunya yaitu fi’il Tsulatsi Mazid yang akan kami terangkan. Fi’il tsulatsi mazid secara harfiah yakni sebutan kata kerja (fi’il) yang yang terbentuk dari 3 aksara yang tersusun dan mendapat embel-embel aksara lagi, embel-embel ini mengacu sempurna pada lafal mazid yang dalam bahasa Indonesia berarti tambahan.

Interpretasi mengenai fi’il tsulatsi mazid banyak dikemukakan oleh para pengarang kitab, buku dan para andal ilmu kebahasaan lainnya, kami mengambil beberapa pengertian yang telah dan sudah beliau-beliau paparkan diantaranya yaitu bahwa, fi’il tsulatsi mazid yakni fi’il yang dalam shighot fi’il madhinya memuat 3 aksara orisinil dan juga aksara ziadah atau embel-embel sehingga aksara penyusun kata (kerja) itu secara kesegenapan berjumlah lebih dari 3 aksara pola kata : اجتمع  dan lain lain. Secara garis besarnya fi’il tsulatsi mazid terbagi menjadi tiga macam :
1. Ruba’i
2. Khumasi
3. Sudasi.
Tsulatsy mazid yakni kelompok kata kerja yang sempurna pada asalnya tersusun dari tiga aksara akan tetapi ditambahkan dengan satu, dua, hingga tiga aksara embel-embel (ziyadah). Tsulatsy mazid adatiga jenis:
1. Ziyadah bi harfin (tambahan 1 huruf)
2. Ziyadah bi harfain (tambahan 2 huruf)
3. Ziyadah bi tsalatsati ahrufin (tambahan 3 huruf)
Tidak ibarat bab-bab tsulatsy mujarrod yang mempunyai bentuk yang hampir sama antara per babnya, tsulatsy mazid mempunyai wazan yang jauh tidak serupa untuk setiap babnya, untuk tsulatsy mujarrod. Namun berikut ini kami lampirkan wazan-wazan tsulatsy mazid biar lebih gampang untuk dihafal dan difahami.
Contoh lengkap perubahan beberapa fi’il dari bentuk tsulatsy mujarrod ke tsulatsy mazid :

 Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

Tidak semua fi’il tsulatsy mujarrad serta merta sanggup dirubah ke bentuk tsulatsy mazid dengan mengikuti wazan tsulatsy mazid. Karena perubahan ini bersifat sima'iy, yaitu menurut pemanfaatan oleh bangsa Arab. disertakan bersama kata lain, tidak semua kata yang mempunyai bentuk tsulatsy mazid mempunyai bentuk tsulatsy mujarrad dan sebaliknya. Contoh lengkap diatas kata علم mempunyai 2 bentuk fi’il mazid sedangkan kata  سلم mempunyai lebih banyak bentuk tsulatsi mazid.
Ada 12 wazan yang masuk belahan tsulatsy mazid. Namun Istimewa untuk 8 wazan yang paling sering dipakai dalam kalimat sehari-hari. Ini bertujuan untuk menyajikan akomodasi bagi orang-orang yang gres mencar ilmu ilmu sharaf. Di lain sisi, 8 wazan ini dirasa cukup untuk menggambarkan wazan tsulatsy mazid. 

0 Response to "Download Makalah Shorof Perihal Fi'il-Fi'il Tsulatsi Mujarrod Dan Mazid"

Posting Komentar