Pengertian, Dan Ciri-Ciri Perubahan Sosial (Terlengkap)

Selamat tiba di portal dunia suka-suka, daerah untuk mencari warta dan gudangnya referensi. Jika sebelumnya admin membahas wacana interaksi sosial, pada kesempatan kali ini kita akan berguru wacana perubahan sosial.


Pengertian Perubahan Sosial


Perubahan sosial merupakan salah satu objek kajian yang dipelajari di dalam ilmu sosiologi. Perubahan sosial dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi teladan pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapat penghidupan yang lebih bermartabat.


Pada hakikatnya setiap insan niscaya akan mengalami perubahan-perubahan, proses perubahan akan tetap selalu ada seiring berjalannya waktu.


Baca juga Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial


Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli


Banyaknya perubahan yang terjadi di dalam masyarakat menciptakan para mahir beropini wacana apa itu pengertian dari perubahan sosial, sedikitnya ada sekitar 20 para mahir sosiologi yang mengemukakan pendapatnya wacana pengertian perubahan sosial


1. Prof. Selo Soemarjan


Pengertian perubahan sosial berdasarkan Prof. Selo Soemardjan yaitu perubahan yang terjadi pada forum kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.


2. Emile Durkheim


perubahan yang terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.


3. Robert M.I Lawang


proses dikala dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang sanggup diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.


4. J.L Gillin dan J.P Gillin


perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima lantaran adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan gres dalam masyarakat.


5. William F. Ogburn


perubahan-perubahan yang meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan yaitu efek besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.


6. Kingsley Davis


perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.


7. Robert Morrison Mac Iver


perubahan dalam bidang kekerabatan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam kekerabatan sosial tersebut.


8. Bruce J. Cohen


perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu yaitu sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.


9. Roucek & Warren


perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.


10. Max Weber


perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akhir adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.


11. Robert H. Lauer


perubahan dalam segi fenomena sosial di banyak sekali tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual sampai tingkat dunia.


12. Samuel Koenig


modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi lantaran sebab-sebab internal maupun eksternal.


13. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi


suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam teladan hidup masyarakat, yang meliputi nilai-nilai budaya, teladan sikap kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.


14. W. Kornblum


perubahan suatu budaya masyarakat secara sedikit demi sedikit dalam jangka waktu lama.


15. Wilbert E. Moore


evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban. Ia mempercayai bahwa perubahan sanggup ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu terjadi.


16. Pasurdi Suparlan


perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola kekerabatan sosial yang meliputi sistem status, kekerabatan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.


17. Broten & Atkinson


proses yang menciptakan sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang mengakibatkan perubahan teladan sikap individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan sikap kelompok.


18. Hans Garth & C. Wright Mills


apapun yang terjadi dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi kekerabatan sosial.


19. Abdulsyani


perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi nilai, sikap-sikap sosial, dan teladan sikap di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.


20. Wikipedia


Perubahan sosial merupakan perubahanperubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan teladan sikap di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.


Ciri-ciri Perubahan Sosial


Menurut Janu Murdiyatmoko, dalam bukunya : Sosiologi, Memahami dan Mengkaji Masyarakat, suatu perubahan sanggup dikatakan sebagai bentuk perubahan sosial bila mempunyai beberapa karakteristik. Karakteristik atau ciri perubahan sosial tersebut meliputi beberapa hal, di antaranya :


1. Berkelanjutan


 daerah untuk mencari warta dan gudangnya rujukan Pengertian, dan Ciri-ciri Perubahan Sosial (Terlengkap)

consumerhelpcentral.com


Berkelanjutan merupakan ciri perubahan sosial yang utama. Maksudnya adalah, setiap insan niscaya akan mengalami perubahan baik secara cepat maupun lambat. Pada hakikatnya insan yaitu makhluk sosial, dengan adanya sifat tersebut maka mustahil ada insan yang berhenti perkembangannya.


2. Hubungan Timbal Balik


 daerah untuk mencari warta dan gudangnya rujukan Pengertian, dan Ciri-ciri Perubahan Sosial (Terlengkap)

http://dwiyanto95.blogspot.co.id


Perubahan tidak dibatasi oleh bidang kebendaan atau bidang spiritual lantaran keduanya mempunyai kekerabatan timbal balik yang kuat. Contoh kekerabatan imbal balik ini contohnya terjadi antara inovasi teknologi komunikasi dengan teladan komunikasi masyarakat. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain.


3. Disorganisasi Sementara


 daerah untuk mencari warta dan gudangnya rujukan Pengertian, dan Ciri-ciri Perubahan Sosial (Terlengkap)

pixabay.com


Perubahan sosial yang cepat sanggup menimbulkan terjadinya disorganisasi yang bersifat sementara sebagai proses penyesuaian diri. Disorganisasi yaitu suatu keadaan yang kacau yang disebabkan penyesuaian masyarakat terhadap perubahan sosial yang terjadi. Seiring berjalannya waktu masyarakat akan terbiasa dengan perubahan yang terjadi.


4. Imitatif


 daerah untuk mencari warta dan gudangnya rujukan Pengertian, dan Ciri-ciri Perubahan Sosial (Terlengkap)


Perubahan sosial juga bersifat imitatif, artinya yaitu perubahan yang terjadi pada forum kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya. Hal ini disebabkan lantaran masing-masing kelompok akan saling mempengaruhi dan tidak sanggup mengisolir diri dari perubahan-perubahan yang ada.


Contohnya adalah, perubahan desain rumah, gaya rambut, smartphone, atau gaya berbusana yang ditampilkan para artis yang akan ditiru oleh para penggemarnya sampai meluas kepada masyarakat umum.


Nah, itu tadi beberapa dari pakar sosiologi yang turut mengemukakan pendapatnya wacana pengertian perubahan sosial,  Semoga semua pertanyaan yang ada sanggup terjawab melalui artikel ini, biar bermanfaat bagi kalian para pembaca. Dukungan kalian sangat kuat dalam kemajuan website ini. Share artikel ini bila sekiranya sanggup membantu orang yang sedang membutuhkan. Jangan lupa untuk selalu mampir di portal dunia suka-suka ?


Baca juga pengertian interaksi sosial dan ciri-cirinya


0 Response to "Pengertian, Dan Ciri-Ciri Perubahan Sosial (Terlengkap)"

Posting Komentar