Jadwal Waktu Shalat Jakarta, Bandung, Dan Seluruh Wilayah Indonesia

Jadwal Waktu Shalat – Shalat merupakan salah satu cuilan dari rukun islam yang dimana setiap muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah shalat fardhu, yakni sholat 5 waktu dalam sehari semalam. Allah SWT telah berfirman dalam surah An-Nisa yang berbunyi


إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا


“Sesungguhnya shalat itu ialah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. [ QS. An Nisa’ (4) : 103]


Dalam ayat tersebut sudah dijelaskan bahwa shalat itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap orang-orang yang beriman.


Seorang muslim gres diwajibkan untuk melakukan ibadah shalat ketika sudah mencapai pandai baligh. Tapi, bukan berarti ketika belum mencapai pandai baligh tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah shalat.


Justru semenjak kecil harus menanamkan kebiasan sholat biar nantinya ketika sudah mencapai pandai baligh sudah menjadi kebiasaan dan tidak merasa keberatan. Banyak sekali keutamaan-keutamaan yang diperoleh kalau melakukan shalat apalagi kalau mendirikan shalat di awal waktu.


Salah satu upaya biar sanggup mendirikan shalat di awal waktu yakni dengan mengetahui kapan waktu datang jadwal waktu shalat. Nah, untuk membantu teman-teman semua supaya sanggup melakukan shalat secara sempurna waktu kami akan membagikan jadwal waktu shalat untuk seluruh wilayah Indonesia termasuk juga wilayah kota-kota besar mirip Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, dll


Sebelum alangkah lebih baik kalau mengetahui bagaimana cara penentuan jadwal waktu shalat terlebih dahulu.



Penentuan Jadwal Waktu Shalat


Untuk sanggup memilih kapan datang waktu shalat kita sanggup melihat dari pergerakan matahari. Jaman dahulu sebelum kaum muslimin menemukan teknik hisab/perhitungan falak/astronomi, waktu shalat ditentukan menurut pengamatan tanda-tanda alam dengan melihat eksklusif pergerakan matahari.


Seiring perkembangan zaman yang dimana teknologi juga semakin maju waktu shalat sanggup semakin gampang untuk diketahui. Seperti inovasi jam surya atau jam matahari serta jam istiwa atau sering disebut tongkat istiwa. Dengan adanya inovasi tersebut menciptakan penentuan jadwal waktu shalat menjadi lebih efektif dan praktis


Dilihat dari sudut pandang fiqih untuk penentuan waktu shalat lima waktu mirip yang sudah dinyatakan dalam kitab-kitab fiqih ialah sebagai berikut 


Waktu Subuh


Waktu untuk melakukan shalat shubuh ialah padaa ketika Fajar Shidiq hingga terbitnya matahari (syuruq). Fajar Shidiq yakni terlihatnya cahaya putih yang melintang  mengikut garis lintang ufuk di sebelah Timur akhir pantulan cahaya matahari oleh atmosfer.


Waktu shalat shubuh berakhir pada ketika telah munculnya matahari yang mengambarkan bahwa telah datang waktu dhuha


Waktu Dzuhur


Waktu dzuhur sanggup disebut juga dengan waktu Istiwa (zawaal). Istiwa artinya tengah hari. Pada ketika waktu Istiwa kita dihentikan untuk melakukan ibadah shalat baik shalat wajib ataupun sunah.


Nah, waktu dzuhur datang pada ketika matahari lebih condong ke barat. Secara teoritis jarak antara waktu istiwa dengan masuknya waktu shalat dzuhur kira-kira hanya 2 menit. Tapi untuk berjaga-jaga para peneliti setuju untuk menambah menjadi 4 menit.


Waktu Ashar


Berdasarkan mazhab Syafi’i, Hambali, Maliki, Waktu masuknya shalat ashar ialah ketika panjang bayang-bayang benda melebih panjang benda itu sendiri.


Berbeda dengan mazhab Imam Hanafi yang beropini bahwa waktu shalat ashar datang pada ketika panjang bayang-bayang benda 2 kali melebihi panjang benda itu sendiri


Semua pendapat keempat mazhab tersebut tidak ada yang salah alasannya ialah semuanya terdapat dalil-dalil yang menimbulkan landasan dan fatwa dalam memilih waktu shalat.


Waktu Maghrib


Tanda telah datang waktu maghrib ialah ketika matahari sudah terbenam di ufuk hingga hilangnya cahaya merah di langit barat (syafaq)


Waktu Isya


Tanda telah datang waktu shalat isya ialah ketika hilangnya cahaya merah dilangit barat. Ada perbedaan pendapat ulama mengenai waktu berakhirnya shalat isya.


Ada yang menyampaikan batas waktu melakukan shalat isya ialah tengah malam ada juga yang menyampaikan hingga terbitnya waktu fajar shidiq di langit timur.


Perbedaan pendapat tersebut bukanlah menjadi sebuah dilema dan jangan diperdebatkan. Alangkah baik kalau kita melakukan shalat di awal waktu. Toh, melakukan shalat di awal waktu ganjaran yang didapatkan lebih besar daripada shalat di final waktu. 


Waktu Imsak


Waktu imsak datang 10 menit sebelum waktu subuh datang dan berakhir pada ketika waktu shubu telah tiba. Ijtihad 10 menit diambil dari jeda waktu shalat pada masa Rasulullah yakni selama bacaan quraan sebanyak 50 ayat.


Pada ketika waktu imsak datang itu mengambarkan bahwa sebentar lagi akan masuk waktu shubuh dan juga memberitahu waktu sahur akan habis. Artinya pada ketika imsak tersebut waktu sahur belum habis tetapi dihimbau untuk mengurangi kegiatan makan dan minum alasannya ialah khawatir kebablasan


Kalau diibaratkan itu mirip lampu kemudian lintas ketika warna lampunya kuning kita dihimbau untuk berhati-hati dan dianjurkan untuk memelankan kecepatan kendaraan alasannya ialah sebentar lagi akan lampu merah.


Waktu Shalat Sunah


Tidak semua shalat sunah ada waktu khusus untuk melaksanakannya, tetapi ada beberapa shalat sunah yang sudah ditentukan dalam pelaksanaannya. Waktu-waktunya menurut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.



  • Shalat Dhuha – dilakukan ketika waktu matahari gres naik (mengikut pandangan beberapa ulama, pada ketinggian segalah atau tujuh hasta) atau sekitar 3,5° ketinggian Matahari.

  • Shalat Ied – dilakukan pada waktu pagi hari raya yang pertama bagi kedu jenis hari raya tersebut, umumnya dilakukan pada waktu Dhuha  yaitu waktu matahari gres naik (mengikut pandangan sebagianulama, pada ketinggian segalah)

  • Shalat Tarawih – dilakukan pada waktu Isya’ (umumnya dilakukan selepas Shalat Isya’ sebelum kemunculan waktu imsak)

  • Shalat Sunat Gerhana – dilakukan pada waktu gerhana (matahari atau bulan) sedang terjadi.

  • Shalat Sunat Rawatib – dilakukan sebelum dan selepas solat fardhu. Tidak semua solat memiliki kedua-dua solat sunat.


Waktu Haram Shalat


Berikut ialah waktu yang diharamkan solat (sebagian ulama mengatakan berlaku bagi selain tanah haram):



  • Waktu selepas shalat Subuh hingga terbit matahari.

  • Waktu mulai terbit matahari (syuruk) hingga matahari berada di kedudukan pada kadar segalah (tujuh hasta).

  • Waktu rambang (zawal, istiwa, rembah) atau waktu tengahari (matahari tegak) hingga gelincir matahari kecuali hari Jumaat.

  • Waktu selepas shalat Asar hingga matahari kekuningan.

  • Waktu matahari kekuningan hingga matahari terbenam.


Jadwal Waktu Shalat Untuk Seluruh Wilayah Indonesia


Berikut ini kami cantumkan jadwal waktu shalat untuk seluruh wilayah di Indonesia termasuk juga kota-kota besar mirip Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dll.



Jadwal Waktu Shalat Hari Ini


Selain terdapat jadwal waktu shalat untuk setahun selama tahun 2018, kami juga akan memperlihatkan jadwal waktu sholat untuk hari ini dan akan selalu update setiap harinya. Berikut ini ialah jadwal waktu shalat hari ini untuk seluruh wilayah Indonesia termasuk juga kota-kota besar mirip Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dll.





Nah, itu tadi uraian mengenai jadwal waktu shalat untuk seluruh wilayah di Indonesia. Semoga dengan adanya jadwal tersebut sanggup menimbulkan kita semua untuk sanggup Shalat sempurna pada waktunya, alasannya ialah mendirikan shalat di awal waktu ganjaran yang diberikan lebih besar daripada shalat di final waktu.


0 Response to "Jadwal Waktu Shalat Jakarta, Bandung, Dan Seluruh Wilayah Indonesia"

Posting Komentar