Pokok-Pokok Filsafat Bab Ke-Iii Wacana Khazanah Modern Dan Filsafat Sebagai Kesangsian Meditatif

Pokok-pokok Filsafat Bagian Ke-III Tentang Khazanah modern dan Filsafat sebagai Kesangsian Meditatif- Pekan IIIKhazanah Modern

7. Filsafat Sebagai Kesangsian Meditatif
Bayangkan suatu pohon. Mungkin lukisan yang gueh buat di sini (lihat Gambar III.1) akan mempermudah anda (walau ini juga menunjukkan bahwa anda tidak harus menjadi seniman untuk menjadi filsuf!). Nah, bagaimana filsafat itu mirip pohon? Sesungguhnya, ada banyak pola kemungkinan penerapan analogi ini. Salah satu cara yang unik dan menarik dikemukakan oleh seorang filsuf yang ide–idenya akan kita bahas sempurna di jam kuliah ini. Ia menyusun versinya sendiri mengenai mitos yang memandu kuliah ini, dengan mengklaim bahwa filsafat itu mirip pohon yang memiliki metafisika sebagai akar–akarnya, fisika sebagai batangnya, dan ilmu-ilmu lain sebagai cabang–cabangnya.

III Tentang Khazanah modern dan Filsafat sebagai Kesangsian Meditatif Pokok-pokok Filsafat Bagian Ke-III Tentang Khazanah modern dan Filsafat sebagai Kesangsian Meditatif

Dalam hal ini, yang semestinya yaitu pemikiran yang akurat sehubungan bagaimana filsafat berfungsi sempurna di kala ke tujuhbelas, daun–daun pohonnya kemungkinan besar berkorelasi dengan pengetahuan, kendati filsuf yang kita bicarakan tidak menyangkut-pautkan analoginya sejauh itu. Demi maksud kita di Bagian Satu matakuliah ini, kita sekurang–kurangnya bisa baiklah bahwa metafisika tentu saja memiliki fungsi yang serupa dengan akar-akar pohon. Setelah dan sudah kita tuntaskan sembilan kuliah pertama kita, gueh harap alasan–alasan untuk itu cukup jelas. Namun sempurna di saatnya nanti, gueh akan menyarankan revisi terhadap beberapa aspek lain sempurna di versi mitos ini, semoga tidak ketinggalan zaman (lihat Gambar III.1).
                           Ilmu

                          Fisika

                        Metafisika

Pokok-pokok Filsafat Bagian Ke-III Tentang Khazanah modern dan Filsafat sebagai Kesangsian Meditatif

Nama filsuf tersebut yang akan segera anda akrabi karena derma yang ia berikan di bidang matematika ialah René Descartes (1596–1650). Ia tidak Istimewa untuk turut menyebarkan aljabar lebih lanjut, tetapi juga menemukan sistem koordinat geometri yang kita pelajari di sekolah. Ketika ia beralih perhatian ke filsafat, ia mengakui adanya duduk kasus yang menempel dalam tradisi filsafat.
Pokok-pokok Filsafat Bagian Ke-III Tentang Khazanah modern dan Filsafat sebagai Kesangsian Meditatif [DOWNLOAD]
Selama duaribu tahun, sistem Plato dan Aristoteles sedikit-banyak telah dan sudah mendominasi semua pemikiran filosofis di Barat. Tatkala agama Nasrani muncul di kancah [filsafat untuk pertama kalinya], sebagian besar pater gereja mengambil beberapa versi idealisme Platonik sebagai basis bagi teologi mereka. Kecenderungan itu memuncak sempurna di sistem filosofis dan teologis yang dibangun oleh St. Agustinus (354–430), yang pengaruhnya sepeninggalnya sedemikian secara umum dikuasai selama masa yang disebut Zaman Kekelabuan sehingga Aristoteles benar–benar terlupakan di Eropa. Untungnya, cendekiawan–cendekiawan Muslim melestarikan tulisan–tulisan Aristoteles selama periode itu, terutama dengan bahasa Arab, yang menggunakannya sebagai landasan untuk penyusunan banyak sekali bentuk filsafat dan teologi Islam. Akhirnya, realisme Aristoteles kembali ke Eropa, terutama melalui karya St. Thomas Aquinas (1225–1274), yang sistem teologis berskala besarnya terus menjadi sumber teologi Kristen sampai hari ini. Sampai waktu Descartes terjun ke kancah [filsafat], tidak ada alternatif signifikan yang ditawarkan selain anutan idealis (Platonik–Agustinian) dan realis (Aristotelian–Thomis). Adakah sesuatu yang salah sempurna di dua sistem ini yang menghalangi timbulnya kemajuan filsafat dari para filsuf lain? 

Descartes yakin, kedua tradisi tersebut menderita cacat yang sama. Kebuntuan itu tercipta oleh kurangnya  kebenaran mutlak total yang bisa berfungsi sebagai titik tolak yang tak terbantahkan untuk penyusunan sistem pengetahuan tulen (yaitu ilmu). Wawasan ini menjadikan pertanyaan gres di benak Descartes: bagaimana bisa kepastian mutlak semacam itu dibuktikan? Metode obrolan Plato ataupun metode teleologis Aristoteles tidak bisa menghasilkan pondasi yang kokoh bagi suatu ilmu yang benar–benar ketat. Lantas, bagaimana bisa pondasi semacam itu didapatkan? Dalam perenungan terhadap pertanyaan ini, Descartes menemukan wangsit gres yang akan memungkinkan kita untuk tetapkan kepastian untuk sekali ini dan selamanya. disertakan bersama mengganti obrolan dengan meditasi menyendiri, metode barunya yaitu kesangsian (doubt). disertakan bersama secara sistematis menyangsikan segala sesuatu mengenai dunia dan mengenai kita sendiri yang, berdasarkan perkirakan kita, kita ketahui, kita berharap memperoleh sesuatu yang akan tidak mungkin untuk diragukan. Ini kemudian bisa berfungsi sebagai titik pijak niscaya secara mutlak bagi pembangunan sistem filosofis posit.

Pokok-pokok Filsafat Bagian Ke-III Tentang Khazanah modern dan Filsafat sebagai Kesangsian Meditatif

0 Response to "Pokok-Pokok Filsafat Bab Ke-Iii Wacana Khazanah Modern Dan Filsafat Sebagai Kesangsian Meditatif"

Posting Komentar